Berita Terbaru

Diberdayakan oleh Blogger.

Kemarau Panjang, Petani Kangkung Terpaksa Panen Dini









Petani kangkung (Anda ) sedang memanem kangkung sejak dini khawatir tanaman mati karena kekeringan. 29/07/24

Kab. Tangerang,| xbintangindo.com-

Hujan dalam bulan-bulan ini yang tak kunjung turun mengakibatkan petani tadah hujan di gandasari Jayanti Kabupaten Tangerang terpaksa panen dini. 


Sosok petani muda (Anda) yang berdikari di bidang pertanian harus mengeluh karena tanaman kangkungnya terpaksa di panen sebelum waktu nya (Panen dini).


RT Aminudin saat meninjau petani tadah hujan di wilayahnya, yang sedang merapihkan wadah untuk. Menadahi air hujan.

Saat wartawan xbintangindo.com bincang-bincang dengan (Anda) di lokasi tanaman kangkungnya dirinya mengatakan, " ya bang terpaksa tanaman kangkung ini saya panen sebelum waktu nya karena khawatir nanti mati duluan karena sudah beberapa minggu ini tidak tersiram air hujan, " kata Anda.


Lanjutnya," saya mah petani tadah hujan, kalau hujan tanaman saya tersiram air namun jika tidak turun hujan maka tanaman saya tidak tersiram air, yah bang semua ini sudah resiko seorang petani tadah hujan," keluh Anda.


Masih dengan Anda,"Mau bagaimana lagi pak, ngebor air mahal, saya belum punya uang, panen dini ini memang rugi tidak bisa terjual, paling buat makan keluarga saja, dari pada mati sia sia tanaman kangkung saya." ujarnya.


RT Aminudin alias ipang, menjelaskan," patut saya apresiasi kan anak muda masih mau bertani memanfaatkan lahan tidur, lahan yang di garap oleh pak Anda tersebut milik bos perusahaan yang belum dipakai, tapi alhamdulillah pemiliknya sudah memperbolehkan di manfaatkan oleh warga, memang jika untuk bercocok tanam pemanfaat harus menyediakan air terlebih dahulu, atau menjadi petani tadah hujan, yah resiko nya seperti ini jika hujan tak kunjung turun petani harus siap panen dini." tutur RT Aminudin.

Redaksi xbi

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *