Berita Terbaru

Diberdayakan oleh Blogger.

Gilang: " Diproyek Udicth Tembong-Pabuaran Kota Serang Untuk APD /K3 Tidak dianggarkan dalam RAB nya".








Tampak Udicth yang di pasang oleh kontraktor sudah patah-patah, foto: FT.

Kota Serang, | xbintangindo.com-

Pembangunan proyek  jalan lingkungan Tembong-Pabuaran Kota Serang dengan sistem kegiatan pemasangan U-Dhit pada drainase kini di Keluhkan aktivis kota Serang. Jumat 10/11/23.

Terkait proyek pemasangan U-Dhit Tembong-Pabuaran Fitra salah satu aktivis kota Serang angkat bicara " 

"penggunaan APD K3 bagi pekerja telah tertuang dalam peraturan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). seperti helm, sarung tangan, sepatu boat. Ujar Fitra.

Lanjut Fitra," selain Langgar APD K3 proyek Udicth Tembong-Pabuaran juga tak dipasangnya papan proyek atau papan informasi, dan saya lihat juga jenis Udicth yang dipasang diduga pemakai kwalitas kurang bagus, banyak Udicth yang baru dipasang sudah beberapa Udicth sudah terlihat patah-patah, sehingga kami menduga kontraktor, Pengawas dinas dan konsultan kongkalingkong bermain pada harga material." Ungkap Fitra.

Jika hal itu tidak dipatuhi perusahaan, lanjutnya, ada sanksi sesuai perundang-undangan yang berlaku. “Ada sanksi tersendiri bagi pengusaha atau perusahaan jika melanggar dengan tak melengkapi peralatan K3 atau APD. Sanksi jika terjadi kecelakaan kerja menjadi domain aparat kepolisian,” terangnya.

"Padahal jelas setiap kegiatan negara maupun swasta pekerja wajib memakai APD K3, yang di sediakan oleh pengusaha diberikan secara cuma-cuma." Ujarnya.

Disebutkannya, untuk penggunaan APD tertuang di Permenakertrans Nomor PER.08/MEN/VII/2010 tentang Alat Pelindung Diri. Pasal 2 Permenakertrans tersebut, lanjutnya, pengusaha wajib menyediakan APD bagi pekerja sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI) dan diberikan cuma-cuma.

Gilang selaku konsultan pengawas saat di wawancarai, menjelaskan "palaksana dan mandor tidak kesini atau belum kesini kali, klau mandornya namanya Surip panggilan nya Mbah Surip, klau pelaksananya namanya tidak tau panggilan nya mah jek," kata Gilang 

Lanjut Gilang," kalau untuk proyek pemasangan U-Dhit di Tembong-Pabuaran untuk APD/ K3 tidak ada anggaran di RAB nya," Jelas Gilang.

$ ini pekerjaan drainase u-dict sudah berjalan sebulan, kalau pemasangan PIP dikampung Pabuaran RW.07 yang saya tau, kata Gilang selaku konsultan pengawas.

Ketika di tanyakan terkait jenis dan kwalitas U-Dhit yang patah-patah atau rusak Gilang pengawas proyek Tembong-Pabuaran bergegas pergi terlihat terburu-buru seperti ketakutan dikonfirmasi lebih banyaknya.

Redaksi xbi//.*

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *