Berita Terbaru

Diberdayakan oleh Blogger.

Gunung Anak Krakatau Statusnya Meningkat Waspada Level II Menjadi Siaga Level III






Foto ilustrasi Gunung Anak Krakatau

Banten,| xbintangindo.com

Kondisi saat ini Gunung Anak Krakatau terus menyemburkan lava pijar atau panas kini menjadikan statusnya meningkat yang tadinya waspada level II menjadi Siaga Level III

Menurut keterangan resmi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, jika saat ini secara pemantauan menunjukkan aktivitas terus meningkat signifikan.


Dikutip Bantenraya.com pada Minggu 24 April 2022 dari sumber Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dan dari berbagai sumber, jika aktivitas peningkatan tersebut menjadikan status Gunung Anak Krakatau level III atau siaga.

"Pemantauan visual dan instrumental menunjukkan aktivitas yang semakin signifikan, dan tingkat aktivitas Gunung Anak Krakatau dinaikkan dari waspada  menjadi siaga," kata Kepala Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Eko Budi Lelono dalam keterangan resminya, Minggu 24 April 2022.

Menurut Eko, saat ini tinggi kolom asap kawah diperkirakan sudah hampir mencapai 3.000 dari puncak gunung.


Untuk itu, pihaknya meminta masyarakat tidak mendekat hingga radius 5 kilometer

"Tingkat aktivitas Gunung Anak Krakatau berada pada siaga tinggi asap diperkirakan mencapai 3.000 meter dari puncak, sehingga dilarang mendekat sampai radius 5 kilometer,” ujarnya.

Berdasarkan pantauan dalam kanal YouTube Indonesia Volcano Monitoring yang memantau pergerakan Gunung Anak Krakatau secara live camera CCTV pada Minggu 24 April 2022 pada pukul 22.00, terlihat sampai sekarang Gunung Anak Krakatau masih menyemburkan material panas lava pijar.


Bahkan, sebelumnya juga hujan abu vulkanik sudah melanda di sejumlah kecamatan di Wilayah Pandeglang.

Dibandingkan pada Jumat dan Sabtu 22 dan 23 April, saat ini terpantau dari CCTV kepulan asap semakin membesar dan meluas di sekitar kawah. Hal tersebut menyebabkan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. (sumber : Bantenraya.com).

Oman Ncek*/.

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *