Berita Terbaru

Diberdayakan oleh Blogger.

Perangkat Desa Telaga, Ibu Ibu Pokja 3 dan Karang Taruna Desa Telaga Kompak Membuat "TOGA"

Tampak tataan Rapih dan menarik tanaman TOGA di desa Telaga


Kab tangerang.|xbintangindo.com

Di Kampung Telaga RT 004 RW 003 Desa Telaga Kecamatan Cikupa  Kabupaten Tangerang Provinsi Banten adalah lokasi tempat berkaryanya Ibu Ibu Pokja 3 (PKK) , tokoh Masyarakat dan Karang Taruna dengan kompaknya menyulap tempat tersebut menjadi kebun Tobat ( Tanaman Obat Keluarga ) Selasa 28/12/2021.


Saat diwawancarai awak media online xbintangindo.com menurut Ahmad Muhroni selaku ketua RW 03 dirinya mengatakan," kegiatannya membuat Tanaman Obat Keluarga (TOGA) dilakukakan secara gotong royong dengan memanfaatkan lahan kosong yang ada dilingkungan Desa Telaga, 


"Membuat TOGA tersebut awalnya hanya ingin memanfaatkan lahan kosong yang berada di wilayah Desa Telaga, karena dinilai kegiatannya positif  maka semua bergerak untuk bersama-sama saling gotong-royong membuatnya mulai dari perangkat Desa, lembaga Desa Telaga dan Tokoh Masyarakat (Tokmas) nya," Kata Ahmad.


Lanjut Ketua RW 03," kearifan lokal ini demi meneruskan tradisi orang tua terdahulu yang selalu memanfaatkan Tanaman Obat sebagai bahan penangkal segala penyakit, contohnya Kunyit , langkuas, serai, jahe, dan masih banyak lagi (Herbal)." Tambah Ahmad.


Masih dengan Ahmad Muhroni," kegiatan ini pun didukung penuh oleh  H.Nasarudin SH. Selaku kepala Desa Talaga kecamatan Cikupa." Sambung Ketua RW. 03.


Ditempat Terpisah Kepala Desa Telaga H. Nasarudin SH, yang saat itu didampingi Ibu Kadesnya Hj. Zuraida Halma S. menyampaikan dukungannya kepada warganya yang mau melestarikan kearifan lokal nenek moyang kita dalam membuat obat-obat an dari herbal," Kegiatan ini sangat saya apresiasi dan mendukung sekali mudah-mudahan terus berjalan berkesinambungan, hal tersebut demi minciptakan regenerasi yang peduli, belajar dan menciptakan obat-obatan non kimia, saya yakin hasilnya akan baik dan jika dikonsumsi oleh orang tidak membahayakan, karena ramuannya sudah teruji dan sudah ratusan tahun dipakai oleh orang-orang sebelum kita ada," Tegas Kades Telaga, 


 Lanjut Kades Telaga," saya sarankan tanaman TOGA itu jangan di tanam di lokasi ini saja (Lahan Kosong-Red) namun sebaiknya jika warga memiliki lahan yang bisa di manfaatkan ya,, mau menanam tanaman obat dipekerangan rumahnya karena semua itu akan  menjadi hal yang terbiasa." Harapnya.

Panji Abdillah*/.

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *