Berita Terbaru

Diberdayakan oleh Blogger.

Warga dan Pemdes Songgom Jaya Giatkan Kembali Budaya Gotong Royong Bersihkan TPU Bojong









Kabupaten Serang| xbintangindo.com

Masyarakat Songgom bersama pemerintah Desa Songgom Jaya giat lakukan gotong royong bersihkan Tempat Pemakaman Umum Bojong (TPU Bojong) di Kampung Bojong RT 001 RW 003, Desa Songgom Jaya, Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, Minggu (7/11/2021). 


Gotong-royong menjadi kegiatan rutin setelah TPU tersebut terlihat kurang bersih, sehingga perlu dilakukan pembersihan, guna kenyamanan Pejiarah baik dari lingkungan mau pun dari luar daerah. Dari sejarahnya di TPU Bojong ini ada makom Syeh Cilijohar anak dari Syeh Ciliulung bin Raden Keunyeup yang makomnya ada di Kampung Gegunung, Desa Cakung, Kecamatan Binuang, Kabupaten Serang. 


" Gotong royong ini menjadi rutinitas masyarakat Desa Songgom Jaya, termasuk membersihkan TPU Bojong, " Kata Kepala Desa Songgom Jaya, H. Muhtadi, S.H., M.H., di lokasi TPU, Minggu, (7/11/2021). 


Ia menjelaskan, sebelumnya Pemerintah Desa telah melakukan kegiatan tersebut terjadwalkan berbulannya.


" Untuk melakukan gotong-royong ini, kami sudah jadwalkan waktunya dari bulan-bulan sebelumnya, sehingga masyarakat tau kapan kegiatan ini dilaksanakan, " Ucap H.Muhtadi.


Lanjut H. Muhtadi bahwa Dalam gotong-royong itu, pihaknya membersihkan daun yang gugur, sampah, memotong rumput liar dan kegiatan kebersihan lainnya.


" gotong-royong kali ini berjalan kurang maksimal. Karena cuaca yang tidak mendukung. Sehingga, tidak semua titik di TPU Bojong memungkinkan untuk dibersihkan, jadi kami bersihkan di keesokannya semua," tuturnya.


Ditempat yang sama Hudori selaku Sekdes Desa Songgom Jaya di hadapan awak media mengatakan bahwa di TPU Bojong tersebut ada makom Kramat. 


" Ada makom Syeh Cilijohar anak dari Syeh Ciliulung bin Raden Keunyeup yang makomnya berada di Kampung Gegunung, Desa Cakung, Kecamatan Binuang, " Ucap Hudori. 


Kedepannya, Hudori memastikan kebersihan di wilayah TPU Bojong akan terus terjaga. Dengan merutinkan gotong-royong setiap pekannya, baik secara personal maupun massal.


Dia juga berkeinginan agar masyarakat dapat menjaga kebersihan.


 " Dengan gotong-royong rutin Kebersihan TPU Bojong dapat terjaga. Kami berkeinginan agar masyarakat, baik dari lingkungan maupun luar wilayah yang berjiarah, agar menjaga kebersihan TPU. Karena itu telah kami sediakan tempat sampah di lokasi, " Tutupnya. 

(Red. Soja Raya)

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *