Berita Terbaru

Diberdayakan oleh Blogger.

PROYEK REKONSTRUKSI JALAN WEWULUH - MEKARSARI KECAMATAN BINUANG PATUT DIPERTNYAKAN DOKUMEN LELANG NYA.













SERANG | XBintangIndo.Com

Proyek peningkatan jalan weweluh - mekarsari penghubung dua desa dan dua kecamatan. Binuang dan cerenang kabupaten serang yang di kerjakan  oleh PT.CAHAYA DWIPUSAKA MANDIRI yang bersumber dari DTU-BANGUB-APBDKabupaten Serang,Tahun anggaran 2021, dengan nomor kontrak: 620/07-PK.HS.4425245/SPK/JL.WWLH-MKSR/KPA-BM/DPUPR/2021 dengan nilai kontrak Rp. 4.500.000.000; dengan jenis pekerjaan Betonisasi dengan volume panjang 1.435 M dengan lebar 4,5 M dan konsultan pengawas PT.TANOERAYA KONSULTAN, DI DUGA tidak sesuai dengan dokumen lelang, 


Kurang nya pengawasan terhadap penyedia jasa kontruksi sehingga yang terjadi di lapangan banyak perusahaan penyedia jasa kontruksi hanya melengkapi dokumen baik personil mau pun administrasi lain nya hanya untuk sarat mengikuti lelang,  namun  pakta di lapangan jauh berbeda. Tenaga kerja yang ada di lapangan hanya sebagai tenaga kerja yang sudah lama berkecimpung dengan pekerjaan. Namun tidak sesuai dengan dokumen yang ada di dokumen lelang.  


Haer aktivis serang timur sangat menyayangkan bila itu benar terjadi dan sangat merugikan bagi kontraktor - kontraktor lain.


Masih dengan Haer " gimana mau pekerjaan nya mau bagus kalau di lapangan bukan ahli nya atau bukan bidang nya". Ungkap nya.  

 Dasar hukum

1.UU NO 18 Tahun   1999. Tentang jasa konstruksi dan

Peraturan pemerintah  nomor 28 tahun 2000  sebagai mana di ubah dengan peraturan pemerintah nomor 4 tahun 2010 dan peraturan pemerintah   nomor 92 tahun 2010  tentang terbit nya sertifikat keahlian yang di atur oleh lembaga pengembangan  jasa konstruksi( LPJK ) mencakup. SKA sertifikat keahlian ahli masing-masing bidang.


Sertifikat keterampilan  kerja tehnis masing-masing bidang.   Dengan di dasari  pendidikan minimal S- 1 tehik sipil untuk Sertifikat keahlian ahli ( SKA)

Sedang kan  untuk SURAT KETERAMPILAN KERJA ( SKK) sesuai dengan bidang Masing-masing harus pendidkian SMA sederajat .


2.peraturan

pemerintah nomor 50 tahun 2012 tentang 

 penerapan  k3


3.Uu no  14 tahun

 1969 tentang ketentuan pokok mengenai tenaga kerja

4  permen naker no PER 05/MEN/1996 tentang sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja


5. Amanat peraturan PU NO  05/ PRT/ M/ 2014

BAHWA DALAM RANGKA MEWUJUDKAN TERTIB PENYELENGGARAN KONSTRUKSI MAKA  PENYELENGGARAN WAJIB  MEMENUHI SYARAT. SYARAT TENTANG KEAMANAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA TEMPAT KEGIATAN

 KONSTRUKSI.


6. Uu no 3 tahun 1992 tentang jaminan sosial tenaga 


Ketika kami konfirmasi kepada Pelaksana bayu,

 Menanyakan hal tersebut pelaksana" Saya  tidak tau pak". ucapnya.

 Ketika di tanya pas waktu pembuktian bapak di hadir enggak ke pokja saat pembuktian  dokumen lelang.  Beliau dengan santai menjawab,

 "enggak pak. Saya cuman di suruh kerja aja sama bapak". jawabnya.

Yang konon kabar nya bapak Empan yang sudah malang melintang di dunia proyek. .

 

Kalau mengacu pada aturan dan sesuai dengan kerangka acuan kerja. Harus sesuai dengan yang ada di lapangan dan yang ada di dokumen lelang tentu pekerjaan ini patut di duga tidak sesuai dengan personil yang ada di dokumen .

Redaksi/ Suminta*/.

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *